Jumat, 25 Desember 2015

Bagi anda yang ingin mempunyai filenya, silahkan download!.
Download PPT Sejarah Peradaban Islam (Peradaban Islam Pada Masa Dinasti Umayyah Timur Dan Barat)

Baca Artikel Lain:



PPT Sejarah Peradaban Islam (Peradaban Islam Pada Masa Dinasti Umayyah Timur Dan Barat)

PPT Sejarah Peradaban Islam (Peradaban Islam Pada Masa Dinasti Umayyah Timur Dan Barat)

Sejarah Berdirinya Dinasti Umayyah Timur

Lahirnya dinasti umayyah dimulai dari peristiwa tafhkim setelah pecahnya perang Shiffin di Daumatul Jandal. Dikisahkan bahwa Hasan yang menggantikan ayahnya, Ali bin Abi Thalib, mengadakan perjanjian damai dengan Mu’awiyah agar gejolak dan pemberontakan yang terjadi tidak sampai menghancurkan keutuhan umat Islam.

Dalam upaya perdamaian, khalifah Hasan bin Ali mengirimkan surat melalui Amr bin Salmah al-Arabi yang berisib pesan perdamaian. Dalam perundingan ini, Khalifah Hasan mengajukan syarat bahwa ia bersedia menyerahkan kekuasaan kepada Mu’awiyah dengan beberapa ketentuan sebagaimana berikut:
-          Mu’awiyah menyerahkan harta Baitul Mal kepadanya untuk melunasi utang-utangnya kepada pihak lain.
-          Mu’awiyah tak lagi melakukan cacian dan hinaan terhadap Khalifah Ali bin Abi Thalib beserta keluarganya.
-          Mu’awiyah menyerahkan pajak bumi dari persia dan daerah Bijinad kepada Hasan setiap tahun.
-          Setelah Mu’awiyah berkuasa, maka masalah kepemimpinan (kekhalfahan) harus diserahkan kepada umat islam untuk melakukan pemilihan kembali pemimpin umat islam.
-          Mu’awiyah tidak boleh menarik sesuatu pun dari penduduk Madinah, Hijaz, dan Irak. Sebab, hal itu telah menjadi kebijakan khalifah Ali bin Abi Thalib sebelumnya.

 PPT Sejarah Peradaban Islam (Peradaban Islam Pada Masa Dinasti Umayyah Timur Dan Barat)

PPT Sejarah Peradaban Islam (Peradaban Islam Pada Masa Dinasti Umayyah Timur Dan Barat)

Menurut Dr. Badri Yatim, ada beberapa faktor yang menyebabkan Dinasti Umayyah lemah dan membawaanya kepada kehancuran yaitu sebagai berikut.

a.       Sistem pergantian khalifah melalui garis keturunan adalah sesuatu yang baru bagi tradisi Arab, yang lebih menentukan aspek senioritas, pengaturannya tidak jelas.
b.      Latar belakang pembentukkan Dinasti Umayyah tidak dapat dipisahkan dari berbagai konflik politik yang terjadi dimasa Ali.
c.       Pada masa kekuasaan bani Umayyah pertentangan etnis antara suku Arabia Utara (Bani Qais) dan Arab Selatan (Bani Kalb) yang sudah ada sejak zaman sebelum Islam semakin runcing.
d.      Lemahnya pemerintahan daulah Bani Umayyah juga disebabkan oleh sikap hidup mewah dilingkungan istana sehingga anak-anak khalifah tidak sanggup memikul beban berat kenegaraan tatkala mereka mewarisi kekuasaan.
e.       Penyebab langsung runtuhnya kekuasaan Dinasti Umayyah adalah munculnya kekuatan baru yang dipelopori oleh keturunan Al-Abbas bin Abbas Al-Muthalib.




0 komentar:

Posting Komentar

Paling Banyak Dicari